@bangkuta socius

Selasa, 13 Desember 2011

ABSTRAK



ABSTRAK
Masrokah, NPM. 08110067, Mahasiswa Jurusan PPKn. “Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn pada Siswa di SMP Pancasila Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2010-2011”
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions),
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas merupakan salah satu tugas utama guru, tetapi dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif, sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan atau sikap yang mereka butuhkan. Selama ini proses pembelajaran mata pelajaran PPKn yang ditemui masih bersifat konvensional, seperti ekspositori, drill bahkan ceramah melulu. Proses ini hanya menekankan pada pencapaian tuntutan kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Kondisi seperti ini tidak menumbuhkembangkan aspek kemampuan dan aktivitas siswa seperti yang diharapkan. Akibatnya nilai-nilai yang didapat tidak seperti yang diharapkan, oleh karena itu perlu penerapan pembelajaran yang dapat melatih siswa memecahkan masalah dengan mengembangkan prinsip kerjasama antar siswa sehingga pemahaman materi pada mata pelajaran PPKn tingkat SMP dapat ditingkatkan.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran PPKn pada siswa di SMP Pancasila Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2010-201 dan untuk mengetahui seberapa besar keterlibatan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran model STAD Mata Pelajaran PPKn di SMP Pancasila Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2010-2011.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pancasila Kabupaten Demak yang dilaksanakan selama 2 siklus dalam bulan Januari sampai dengan Maret 2011. Pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini terlaksana dalam tiga pertemuan. Pertemuan I, pelaksanaan penyampaian materi menggunakan metode pembela- jaran ceramah bervariasi, Pertemuan II menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD, Pertemuan III menggunakan pembelajaran kooperatif diskusi model STAD dengan media kliping, sedangkan pada pertemuan berikutnya berupa evaluasi.
Dari hasil penelitian dengan sampel penelitian siswa kelas VII sejumlah 23 siswa di SMP Pancasila Kabupaten Demak, didapatkan pada siklus I dengan model STAD rata-rata nilai hasil evaluasi 68,09 Ketuntasan Klasikal sebesar 78,26 % dengan KKM 64 dan pada siklus II rata-rata nilai hasil evaluasi meningkat menjadi 76,74 Ketuntasan Klasikal sebesar 100 % dengan KKM 64. Siswa sangat berperan aktif dalam proses pembelajaran model STAD dengan media kliping pada Mata Pelajaran PPKn kelas VII Tahun Pelajaran 2010-2011 di SMP Pancasila Kabupaten Demak.


0 komentar:

Posting Komentar