@bangkuta socius

Selasa, 13 Desember 2011

ADA PERGESERAN DEFINISI “JANTAN”


Sebutan pekerjaan perempuan sekarang nyaris sudah tidak ada lagi karena pekerjaan-pekerjaan yang dulunya dikerjakan dan menjadi keahlian para wanita, sudah bisa diisi dan dikerjakan oleh kaum laki-laki bahkan kadang melebihi kemampuan para wanita. Sebut saja koki, perias dan perancang busana. Bahkan sudah tidak menjadi hal yang tabu dan memalukan lagi untuk hal seperti itu.
Beberapa factor turut andil sehingga fenomena seperti itu terjadi. Mungkin karena budaya dan waktu sehingga yang dulunya menjadi tabu dan menjadi cemoohan masyrakat sekarang menjadi hal yang lumrah dan biasa, juga turut disebabkan sifat masyarakat sekarang yang lebih permissive dan menerima konsep tersebut.
Konsep jantan juga sudah berubah di mata masyarakat itu sendiri. Jantan sekarang didefinisikan sebagai sikap yang bertanggung jawab dan sayang pada keluarga dan bukan diartikan jantan secara fisik atau sisi maskulin semata.
Hal lain juga adalah tuntutan ekonomi. Dengan keadaan ekonomi yang menjadi sangat susah dan sulit, menjadi sangat lucu untuk mempertanyakan pembagian kerja ala gender tersebut sehingga pekerjaan apapun yang bisa dikerjakan walaupun dulunya adalah bidang wanita,kenapa tidak juga dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar