@bangkuta socius

Kamis, 01 Desember 2011

ARCHIMEDES

Seorang raja sisilia memiliki sebuah mahkota yang terbuat dari emas murni. Ia begitu bingung, karena tak mampu mngetahui berapa volume mahkota emas miliknya itu. Lingkaran mahkota itu penuh dengan ukiran , hingga mustahil (pikirnya ) untuk di ukur. Kemudian,ia memerintahkan seorang ilmuwan untuk mengukur volume mahkota emas tersebut.Sang ilmuwan pun bingung mencari jawabannya. Sangat sulit mengukur berapa volume mahkota yang begitu sarat dengan ukiran.
Ketika ia sedang mandi berendam sambil merenungi tugas yang maha berat yang di terimannya, sekonyong-konyong saat ia bergerak ,air dalam bath tub tersebut tumpah. Ia tertegun memperhatikan "air yang tumpah itu" . Ia keluar dari bath tub , di isinya kembali dengan air sampai penuh,lalu ia celupkan kakinya, kembali air tumpah. Di perhatikannya air yang tumpah itu dengan seksama. Tidak merasa puas,ia rendamkan seluruh badannya,air yang tumpah semakin banyak . Ahha!tiba-tiba sang ilmuwan tersebut berteriak0teriak keluar dari kamar mandi. "Eureka (saya dapat)! Eureka (saya dapat)!"
Saking girangnya, ia lupa bahwa ia masih belum berpakaian.Setelah berpakaian dengan rapi,ia bergegas menghadap raja . Di hadapan raja ia masukan mahkota itu di dalam bejana yang berisi penuh dengan air.Lalu air yang tumpah ,dimasukan ke dalam gelas pengukur . dan terjawablah berapa volume dari mahkota emas yang penuh ukiran itu. Ilmuwan itu bernama Archimedes ,yang namanya di abadikan untuk mengingat hukum

BJ (berat jenis) = Berat
                           Volume


Archimedes telah membaca air yang tumpah ,ketika dirinya masuk kedalam bath tub.kemudian ia menelaah ,meneliti dan mempelajari hal itu  secara sungguh-sungguh,dan akhirnya ia pun berhasil melihat salah satu ketentuan Tuhan.


       

0 komentar:

Posting Komentar